Kisah Sukses Pengusaha Muda | Inspirasi Mahasiswa STIE Eka Prasetya

foto Kisah Sukses Pengusaha Muda Ispirasi Mahasiswa STIE Eka Prasetya
Medan | Jurnal Asia
Dua pengusaha muda Sir Salon, Andry Sie dan Offle Offle Satriady mengisahkan kesuksesan mereka dalam berwirausaha sehingga menjadi pengusaha muda. Kisah sukses itu disampaikan keduanya secara bergantian di hadapan para mahasiswa STIE Eka Prasetya di kampus tersebut di Jalan Merapi Medan, Minggu (10/5) sore dengan dipandu moderator Herman Liu.

Hadir pada dialog tersebut Ketua Yayasan Edna Herlina, BBA, Ketua STIE Sri Rezeki SE MSi, Wakil Ketua I bidang akademik Desma Erica SE MSi, Wakil Ketua III bidang kemahasiswa Susasnto ST, Kabag kemahasiswaan Bambang Sutejo SKom SE dan panitia pelaksana Muhammad Akbar SE.

Kegiatan tersebut menurut Bambang Sutejo SKom SE adalah sebagai uapaya membentuk jiwa entrepreneurship para mahasiswa. Sehingga jika tamat kuliah tidak harus mencari-cari lapangan kerja, melainkan mampu berwirausaha. “Dengan hadirnya kedua narasumber tersebut yang merupakan pengusaha muda dengan mendengar kisah kesuksesan mereka diharapkan para mahasiswa menjadi termotivasi dan terinspirasi,” kata Bambang.

Menurut Bambang, saat ini mahasiswa dituntut untuk kreatif, inovasi dalam melahirkan ide-ide brilian khususnya di dunia wirausaha, apalagi merupakan mahasiswa di bidang sekolah tinggi ekonomi. Sir Salon, Andry Sie dalam dialognya banyak memotivasi para mahasiswa untuk mau berwirausaha dan jangan pernah merasa malu meskipun dari awal dengan sebagai pekerja. Andry Sie mengaku pada awalnya dia bekerja sebagai seorang salesman. Namun berkat kegigihannya bersama dua temannya nekat membuka salon yang pertama di Jalan Asia Komplek Asia Mega Mas Medan hanya dengan seorang hair stylis.

Menurut Andry, dalam bisnisnya itu memberikan ruang berbeda kepada setiap customer dengan melayani layaknya seperti “seorang tuan”. “Inilah yang membuat Sir Salon kemudian berkembang pesat hingga saat ini menjadi 8 cabang,” kata Andry seraya menyebutkan saat ini telah memiliki 35 hair stylis dengan 14 kasir.

Dengan berwirausaha itu, kata Andry bukan saja sekadar ingin berbisnis tapi juga mampu menyediakan lapangan kerja dengan merekrut karyawan, sehingga mengurangi pengganguran.
Kesuksesan yang sama juga dikisahkan Offle Offle Satriady. Menurutnya, usaha bisnisnya ini kini telah memiliki 4 cabang yang antara lain berada di kompleks Cemara Asri. Disebutkannya, dalam menjalankan usahanya di bidang kuliner, selalu memiliki planning atau rencana dengan menyajikan rasa yang baru dan berbeda dengan outlet lainnya.

Kesuksesan pengusaha muda ini cukup diacungi jempol. Bagaimana tidak, seharinya dia bisa menjual 400-500 piece per harinya dan akan meningkat hingga 700-800 piece jika akhir pekan atau minggu. Pada pertemuan tersebut juga dirangkai dengan tanya jawab dengan para mahasiswa yang tampak antusias mempertanyakan rahasia kesuksesan mereka. (swisma)

Close Ads X
Close Ads X