CMI Siap Investasi di Indonesia

Jakarta | Jurnal Asia
China Minsheng Investment (CMI) Corp Ltd siap berinvestasi di Indonesia bersama perusahaan-perusahaan swasta Tiongkok lainnya dengan nilai investasi mencapai US$ 5 miliar.
“CMI telah bekerja sama dengan Indonesia China Busi­ness Council (ICBC) untuk investasinya di Indonesia,” kata CEO CMI Li Huaizhen melalui sia­ran pers di Jakarta, Jumat (24/4).

Indonesia merupakan salah satu pasar yang menjadi fokus utama CMI ketika peru­sahaan memutuskan untuk mengembangkan perusahaan di tingkat dunia. Tahapan pem­bangunan di Indonesia dan Tiongkok saling melengkapi, di mana permintaan pasar di Indo­nesia saat ini dapat dipenuhi oleh sektor industri Tiongkok yang telah mapan.

Dia mengatakan, investasi ini akan turut mendorong per­eko­nomian Indonesia dengan mengembangkan industri dan menciptakan lapangan pekerjaan, sementara bagi Tiongkok, proses transfer kapa­sitas ini akan menunjukkan perbaikan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan Tiong­kok.

Sebagai bagian dari inves­tasinya, CMI akan memim­pin sejumlah perusahaan swas­­ta terdepan untuk mem­ba­­ngun kawasan industri CMI di Indonesia yang akan memungkinkan masuknya bera­gam industri dari berbagai sektor ke pasar Indonesia.

Industri itu termasuk batu­bara, bahan kimia, aluminium elek­trolit, besi dan baja, pembangkit listrik, semen, infra­struktur, pelabuhan, internet, penyediaan jet untuk bisnis, serta produksi dan pengoperasian helikopter.

“Perusahaan-perusahaan swas­ta Tiongkok yang beker­jasama dengan CMI men­dapatkan keuntungan dari Indo­nesia dalam hal teknologi, mana­jemen, dan teknik,” tambah Li Huaizhen. Menurut dia. ketika Indo­nesia secara berkelanjutan men­ciptakan permintaan dan proyek-proyek sebagai bagian dari strategi untuk mengembangkan infrastruktur, ini merupakan sebuah peluang bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk dapat memastikan teknologi mereka serta kemampuan manajerial di pasar lain.

Selain itu, CMI juga memiliki komitmen untuk melakukan inves­tasi di bidang sosial untuk berkontribusi dalam menyeim­bangkan pembangunan di Indonesia. “Selain kawasan industri, kami juga akan melakukan investasi di bidang sosial, termasuk edukasi, pelayanan kesehatan, dan proyek kesejahteraan sosial lainnya guna memberikan kontribusi kepada komunitas dan mengembangkan area-area tersebut sebagai kota perindustrian terkini,” kata Li Huaizhe. (ant)

Close Ads X
Close Ads X