Brokoli Primadona di Lahan Sejuk

Brokoli dikenal sebagai salah satu jenis sayur-sayuran yang harganya cukup mahal. Alhasil, budidayanya pun membuat kantong semakin tebal. Siapa saja boleh mencoba. Namun brokoli memang hanya tumbuh baik di daerah berhawa sejuk.

Sayur brokoli kaya dengan kandungan gizinya. Berbagai penelitian menunjukkan, kandungan gizi brokoli sangat penting dan berguna bagi kesehatan tubuh. Karena berbagai kelebihannya itu, maka brokoli banyak dikonsumsi sehari-hari; diantaranya diolah menjadi bahan baku sup dan capcay.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Karena sayuran ini populer, membudidayakan brokoli lumayan menjanjikan.

Brokoli hanya tumbuh di daerah berudara sejuk hingga dingin. Maka, di daerah panas nyaris tidak ada pebudidaya brokoli, sehingga permintaan di daerah berhawa dingin lumayan tinggi.
Saat ini konsumen terbesar sayuran brokoli masih di kalangan menengah ke atas. Pasalnya, dibandingkan sayuran lain, harga brokoli lebih mahal. Hal itu, sebanding dengan kandungan gizi yang terkandung di brokoli. Tanaman ini diklaim bisa mencegah kanker dan meningkatkan daya kerja otak.

Ada dua kategori kualitas brokoli, yakni brokoli berkualitas baik dan kualitas biasa. Brokoli kualitas baik khusus dipasarkan ke restoran-restoran. Brokoli kualitas ini masih dalam keadaan segar dan baru dipetik petani. Biasanya dipetik pagi langsung dikirim ke toko sayuran.

Cara Budidaya
Budidaya brokoli diawali persiapan lahan. Persiapan lahan kita lakukan dengan membersihkan lahan dari bekas atau sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Kemudian tanah kita bajak atau cangkul supaya gembur. Selanjutnya kita buat guludan-guludan selebar hingga 100 cm di atas lahan untuk menanam pohon atau tanaman brokoli. Tinggi guludan-guludan tersebut idealnya adalah 35 cm dan jarak antar guludan adalah sekitar 40 cm. PH tanah yang disarankan yaitu diatas 5,5. Jika lebih rendah maka sebaiknya kita lakukan pengapuran tanah.

Selanjutnya lahan kita pupuk menggunakan pupuk kandang dengan jumlah secukupnya yang disesuaikan dengan luas lahan. Hal ini dimaksudkan supaya tanah menjadi lebih subur dan tanaman brokoli akan menghasilkanpanen yang optimal. Setelah lahan selesai dipersiapkan, selanjutnya kita bisa lanjut ke tahap penanaman.

Berikutnya, perhatikan cara menyemaikan benih. Setelah mendapatkan benih yang baik, kita bisa menyemaikan benih-benih tersebut dengan dua cara. Yang pertama yaitu dengan menebarnya ke atas lahan dan yang kedua yaitu dengan menanamnya di plastik-plastik polybag. Untuk menjaga kelembaban udara agar benih segera tumbuh menjadi kecambah, kita bisa menutupi benih-benih yang sedang disemaikan dengan daun-daun pisang. Kemudian setelah kecambah tumbuh dan memiliki daun sekitar tiga atau empat helai daun maka penanaman pun siap untuk dilakukan. Biasanya benih-benih akan siap di tanam di atas lahan setelah penyemaian selama satu bulan.

Cara Menanam Bibit
Cara menanam bibit brokoli yaitu dengan memindahkan bibit-bibit yang sudah siap tanam ke atas guludan-guludan yang telah kita persiapkan sebelumnya. Kita harus mengaturnya dengan jarak tanam kira-kira 50 cm x 50 cm di atas guludan. Cara tanam bibit-bibit tersebut yakni dengan menanam bagian akarnya ke dalam tanah guludan secara hati-hati, jangan sampai akar dan daunnya rusak.

Pemeliharaan dilakukan dengan cara mengairi ladang brokoli secara teratur dan mencegah serangan-serangan hama hewan maupun penyakit. Untuk mengendalikan hama maka kita bisa menyemprot tanaman dengan cairan anti hama secara teratur. Selanjutnya, tanah juga perlu terus dipupuk sehingga tingkat kesuburannya tidak menurun. Setelah bunga tanaman brokoli mencapai ukuran terbesar mereka maka kita lakukan proses pemanenan.

Panen biasanya dilakukan sekitar 60 hari sampai 100 hari setelah tanam, tergantung jenis brokoli yang ditanam. Setelah dipanen, selanjutnya kita lakukan penyortiran berdasarkan ukuran bunga brokoli, setelah itu brokoli bisa di simpan terlebih dahulu atau langsung didistribusikan. Itulah beberapa informasi mengenai teknik budidaya brokoli.
(Int)

Close Ads X
Close Ads X