TP PKK Langkat Kerjasama Selenggarakan Kegiatan IVA

PKK si Akper (1)
Langkat | Jurnal Asia
Tim Penggerak PKK Kabu­pa­ten Langkat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Inspeksi Visual Acetat (IVA) di aula Akademi Kesehatan Langkat, Selasa (21/4).

Kegiatan tersebut tindak lanjut dari surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Utara yang meng­imbau seluruh Dinas Ke­sehatan Kabupaten/Kota be­ker­jasama dengan TP PKK Lang­kat untuk melaksanakan Pro­gram Nasional Gerakan Pen­ce­gahan dan Deteksi Dini Kanker pa­da Perempuan.

Disamping itu, kegiatan ber­tu­juan untuk mengetahui Pe­nyakit Tidak Menular (PTM) yang men­derita para perem­puan, se­hingga nantinya akan ada proses pencegahan sese­gera mungkin.
Ketua TP PKK Kabupaten Lang­kat, Hj Nurraida Ngogesa, me­­ngatakan dengan adanya ke­giatan ini, tingkat kesehatan di Ka­bupaten Langkat akan se­ma­kin lebih baik lagi kedepannya.
“Kita berharap semoga ke­giatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para perempuan,” kata Hj Nurraida.

Senada dengan Hj Nurraida, Kadis Kesehatan Langkat juga mengungkapkan optimisnya program Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan tersebut. Baginya, jika pencegahan se­cara dini dirasa mampu me­ningkatkan taraf kesehatan masyarakat, sehingga ke­takutan yang diderita para perempuan akibat penyakit kanker tersebut, dapat sedikit tera­tasi dengan program pen­cegahan tersebut.

Sementara itu, masyarakat Lang­kat menyambut baik ke­giatan tersebut, terbukti 100 perempuan Langkat dari tiga kecamatan yakni Stabat, Bin­jai dan Hinai berpartisipasi mengikuti kegiatan, dengan tim medis terdiri dari Dr Miranda, Dr Sri Wahyuni, Dr Wetty dan Dr Desrawati, selanjutnya, hasil inspeksi Visual Asetat yang didapat dari para pasien akan dilaporkan ke Dinkes Provsu.

Selain Kabupaten Langkat, kegiatan juga dilaksanakan serentak di kota lain yang pada sebelumnya didahului video conference Ibu Negara dengan beberapa kepala Puskesmas, ketua TP PKK serta pasien yang melakukan inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Selasa pagi (21/4).
(arfan lubis)

Close Ads X
Close Ads X