UHN-CYCU Jalin Kerjasama Tingkatkan Kualitas Pendidikan

uhn

uhn.mengulosi
Medan | Jurnal Asia
Universitas HKBP Nommensen (UHN) dengan Chung Yuan Christian University (CYCU) menandatangani naskah kerjasama bidang pendidikan di ruang perpustakaan UHN Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (1/4).

Kerjasama dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa maupun pengajar kedua lembaga pendidikan tinggi.Penandatangan naskah kerjasama itu dilakukan Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau dengan perwakilan CYCU Dr Chen Yuan Chang selaku Dekan Teknik Elektro pada universitas tersebut, disaksikan Ketua Yayasan UHN yang diwakili Bendahara Tongariodjo Angkasa Ginting SE MBA MM MSc dan Ketua Harian Ikatan Alumni UHN Hasiholan Sidabutar SE MA.

Hadir juga Dr Haposan Sialagan SH MH sebagai Wakil Rektor I, Drs Charles M Sianturi MSBA (Warek II), Ir Sindak Hutauruk MSEE (Warek III) dan Dr Hilman Pardede MPd (Warek IV).
Tongariodjo Angkasa Ginting yang juga Ketua IKA UHN dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang dilakukan kedua perguruan tinggi ini. Apalagi CYCU merupakan salah satu dari 100 universitas yang top di Asia. “Kami dari pihak yayasan sangat gembira dengan dilakukannya penandatanganan kerjasama ini sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi pengajar maupun mahasiswa UHN untuk program master,” kata Tongariodjo.

Menurut Tongariodjo, di era globalisasi saat ini sangat perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi terkemuka di Asia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kerjasama ini hendaknya terus berkelanjutan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam meningkatkan kualitas alumni dan mahasiswa, sehingga di kemudian hari para lulusan dari UHN tidak semata-mata hanya mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan kerja,” tegas Tongariodjo yang merupakan alumni dari universitas Taiwan ini.

Hal senada dikatakan Rektor UHN Sabam Malau yang mengharapkan para alumni UHN mampu membuka lapangan kerja bagi orang banyak dan hal itu bisa dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Menurut Sabam, kerjasama UHN dengan CYCU ini antara lain mencakup bidang pertukaran akademik, pertukaran dosen dan mahasiswa maupun kunjungan antara kedua pihak perguruan tinggi serta program penelitian bersama dengan dasar saling menguntungkan.

”Maju atau mundurnya UHN ini berada di tangan mahasiswa dan dosen serta civitas akademika lainnya dan tidak bisa dikerjakan sendiri oleh saya,” kata Sabam Malau yang dilantik sebagai rektor sekira 6 bulan lalu.

Sedangkan perwakilan CYCU Dr Chen Yuan Chang dalam paparan singkatnya menyebutkan senang dilakukan kerjasama dengan UHN yang nantinya diharapkan memberi manfaat bagi kedua perguruan tinggi.

Disebutkannya, CYCU memiliki 7 fakultas dan telah mendapat penghargaan dari menteri pendidikan Taiwan. Untuk masuk ke universitas ini, maka setiap calon mahasiswa harus mengikuti seleksi masuk terlebih dulu dan akan dipilih berdasarkan hasil ranking seleksi. “Bagi mahasiswa yang masih di semester I harus tinggal di asrama,” katanya.

Acara tersebut juga dirangkai de­ngan penayangan profil tentang keberadaan universitas dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para mahasiswa. Pertemuan diakhiri dengan penan­datangan naskah kerjasama dan dilanjutkan pertukaran cinderamata serta mengulosi perwakilan CYCU Dr Chen Yuan Changyang oleh Rektor Sabam Malau bersama bendahara yayasan Tongariodjo Angkasa Ginting SE MBA MM MSc. (swisma)

Close Ads X
Close Ads X