Harga Minyak Dunia Naik Lagi

New York | Jurnal Asia
Harga minyak dunia berbalik lebih tinggi pada Selasa (3/3) waktu setempat (Rabu pagi WIB). Naiknya harga emas hitam ini dipicu kerusuhan di negara pengekspor minyak Libya. Di perdagangan New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, naik 93 sen menjadi ditutup pada 50,52 dollar AS per barel.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan April melompat 1,48 dollar AS menjadi menetap di 61,02 dollar AS per barel di perdagangan London. “Ketegangan geopolitik kembali memberikan dukungan terhadap harga minyak hari ini, karena Libya mendapat serangan baru pada ladang-ladang minyaknya oleh para militan,” kata Matt Smith dari Schneider Electric.

Pesawat-pesawat tempur milisi menyerang terminal ekspor minyak utama di Libya tetapi dibalas tembakan-tembakan anti-pesawat walaupun tanpa bisa mengenai target mereka, juru bicara penjaga di sana mengatakan. “Data persediaan mingguan Departemen Energi AS yang akan dirilis pada Rabu akan menjadi fokus pasar berikutnya,” kata Tim Evans dari Citi Futures. Pekan lalu, departemen melaporkan bahwa stok minyak AS telah melonjak sebesar 9,4 juta barel ke rekor 434,1 juta barel. (ant)

Close Ads X
Close Ads X