HPE Tambang Periode Maret 2015 Alami Penurunan

Jakarta | Jurnal Asia
Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan Bea Keluar (BK) periode Maret 2015 mengalami penurunan jika dibandingkan periode Januari 2015 akibat fluktuasi harga internasional.

“HPE produk pertambangan kembali mengalami penurunan. Fluktuasi harga internasional menyebabkan turunnya HPE produk pertambangan hasil pengolahan,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Par­togi Pangaribuan dalam sia­ran persnya, Selasa (3/3).

Partogi mengatakan, dalam ketentuan yang ditetapkan dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19/M-DAG/PER/2/2015, tertanggal 26 Februari 2015, tersebut hanya produk konsentrat timbal yang mengalami kenaikan tipis.

Menurut Partogi, penetapan HPE periode Maret ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai intansi terkait. Sejumlah produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, kon­sentrat mangan, konsentrat ilmenite, serta konsentrat ti­tanium lainnya.

Perhitungan harga dasar HPE untuk konsentrat besi dan mangan bersumber dari Asian Metal, sedangkan kon­sentrat tembaga, konsentrat tim­bal, serta konsentrat seng ber­dasarkan bersumber dari London Metal Exchange (LME). Pe­nurunan dialami sebagian besar produk. Untuk produk kon­sentrat tembaga dengan Cu lebih besar atau sama dengan 15 persen dengan harga rata-rata 1.602,04 dolar AS/WMT turun 4,76 persen.

Kemudian, konsentrat bijih besi (hematit, magnetit, pirit) dengan kadar Fe lebih besar atau sama dengan 62 persen dengan harga rata-rata 45,54 dolar AS/WMT turun 8,02 persen. Konsentrat bijih besi (gutit/laterit) dengan kadar Fe lebih besar atau sama dengan 51 persen dan Al2O3 +SiO3 lebih besar atau sama dengan 10 persen dengan harga rata-rata 15,77 dolar AS/WMT turun 6,62 persen.

Konsentrat mangan dengan Mn lebih besar atau sama dengan 49 persen dengan harga rata-rata 166,39 dolar AS/WMT turun 3,12 persen, dan kon­sentrat seng dengan Zn lebih besaar atau sama dengan 52 persen dengan harga rata-rata 507,58 dolar AS/WMT turun 5,17 persen.

Sedangkan produk yang me­ngalami kenaikan di­banding­kan HPE periode sebelumnya adalah konsentrat timbal dengan Pb lebih besar atau sama dengan 57 persen dengan harga rata-rata 759,34 dolar AS/WMT atau naik sebesar 0,55 persen. Sementara itu konsentrat ilmenite dan konsentrat titanium lainnya tidak mengalami perubahan. (ant)

Close Ads X
Close Ads X