Indofood Suntik JC Comsa Rp30,7 Miliar

Jakarta | Jurnal Asia
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk telah melakukan pe­nyertaan saham senilai JPY284,4 juta, setara dengan Rp30,77 mi­liar dengan membeli saham ba­ru yang diterbitkan JC Comsa Cor­poration sebanyak 627.400 lem­bar saham dan penjualan kem­bali treasury stock sekitar 272.600 lembar saham.

“Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari direksi untuk melakukan transaksi dengan JC Comsa pada 2 Maret 2015,” ujar Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A. Putro melalui publikasi BEI, Senin (2/3).

Menurut dia, total saham yang akan diambil oleh perseroan sekitar 900.000 lembar dengan harga JPY316 per lembar. Ren­ca­na penyertaan ini sudah didaf­tarkan oleh JC Comsa pada oto­ri­tas Jepang pada 2 Maret 2015.

“Harga penyertaan adalah harga rata-rata penutupan sa­ham JC Comsa di Tokyo Stock Ex­change JASDAQ Standard se­lama satu bulan terakhir sampai de­ngan 1 hari kerja sebelum tang­gal pendaftaran,” tuturnya.

Penyelesaian rencana pe­nyer­taan ini tergantung pada ber­laku efektifnya pernyataan pendaftaran yang diperkirakan akan terlaksana pada 18 Maret 2015. Setelah penyelesaian ren­cana penyertaan, maka pe­r­seroan akan memiliki pe­nyertaan saham di JC Comsa se­kitar 9,88 persen dari seluruh saham yang nan­tinya diterbitkan oleh JC Com­sa.

Rencana penyertaan ini diha­rap­kan dapat memperkuat ker­ja­sama strategis yang telah diba­ngun sebelumnya dengan JC Comsa melalui joint venture, me­ngambil peluang dan keahlian yang dimiliki dalam memeroses ber­bagai produk berbasis te­pung te­rigu yang bernilai tam­bah, ser­ta meningkatkan po­tensi usa­ha per­seroan baik di In­do­ne­sia mau­­pun di luar negeri, khu­sus­nya di kawasan ASEAN.

Ia menegaskan, rencana penyertaan ini bukan merupakan transaksi material, serta bukan transaksi afiliasi dan benturan kepentingan.
JC Comsa merupakan peru­sa­haan yang berkedudukan di Jepang dan sahamnya sudah terdaftar di JASDAQ Sandard de­ngan kegiatan usaha utama mem­produksi dan mengolah ber­bagai jenis produk makanan, layanan makanan, serta pe­nge­lo­laan jaringan restoran.
(imq)

Close Ads X
Close Ads X