KONI Sumut Satukan Tekad Raih Prestasi di PON Jabar

KAKI__________Koni Sumut
Medan | Jurnal Asia
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Provinsi Olahraga Se-sumatera Utara menyatukan tekad untuk meraih prestasi di Pekan Olaharaga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat (Jabar) pada 2016 mendatang.

Tekad tersebut tersebut merupakan inti dari rapat kerja anggota KONI se-Sumut, yang digelar di Garuda Plaza Hotel Jalan SM Raja Medan, 27-28 Februari 2015 yang mengangkat tema “Satukan Tekad Meraih Prestasi Pada PON XIX/1916 Jawa Barat.

Ketua KONI Sumut Gus Irawan dalam kesempatan itu mengatakan pada tahun 2015 ini banyak agenda berskala nasional yang akan dihadapi seperti Porwil Sumatera di Bangka Belitung dan Pra Kualifikasi PON cabang olahraga lainnya. Untuk itu, kata dia, raker ini menjadi momentum tidak hanya sekedar mengelar peraturan sesuai AD/ART, tetapi lebih dari itu rapat anggota ini momentumnya tahun kebangkitan olahraga Sumatera Utara.

Dia menuturkan, rapat anggota ini menjadi sangat penting dalam hal melakukan evaluasi program-program tahun lalu, sekaligus merumuskan program-progam yang akan kita jalankan dalam rangka kesiapan kita Porwil dan pra kualifikasi, kualifikasi Pra PON.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan, kegagalan Sumut untuk menjadi tuan rumah PON XX/2020 tidak lantas membuat semua pihak patah arang, namun jadikan hal itu untuk terus melakukan perbaikan. Misalnya persiapan untuk mengikuti bidding PON XXI/2024, karena memang menjadi tuan rumah PON sangat penting artinya bagi daerah pelaksana karena itu akan menjadi kesempatan untuk melakukan penambahan berbagai fasilitas olahraga.

“Menjadi tuan rumah PON juga sangat penting, selain untuk kemajuan olaharag, juga untuk kemajuan ekonomi. Karena dengan menjadi tuan rumah , pergerakan ekonomi juga akan semakain cepat karena ribuan olahragawan dan pengurus olahraga akan datang ,” katanya.

Sementara Kadisporasu Baharuddin Siagian yang mewakili Gubernur Gatot Pujo Nugroho mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas tekad Ketua KONI Sumut yang berupaya menjolok dana dari APBN demi kemajuan olahraga di provinsi itu.

Ia juga mengharapkan raker tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan lebih mengedepankan musyarawah mufakat, sehingga lahir berbagai program yang pada intinya dapat semakin memajukan olahraga di daerah itu.

KONI Sumut juga diharapkan kedepannya untuk lebih mengoptimalkan pembinaan pada cabang olahraga unggulan dengan melakukan program pembinaan intensif dalam rangka persiapan menghadapi PON 2016.

“Disamping itu lakukan pantauan terhadap atlet berpotensi yang akan dibina secara intensif sehingga kedepannya lebih banyak lagi atlet berbakat dari Sumut yang lahir dan kita dapat berjaya pada PON-PON mendatang,” katanya.

Untuk tekad menjadi tuan rumah PON 2024, kata dia harus didukung semua elemen didaerah itu, apalagi pihaknya telah berencana membuat sport center seluas 200 hektar. “Apalagi PTPN 2 secara prinsip sudah memberikan uzin penggunaan lahan tersebut. Tentunya kalau ini terwujud akan sangat berdampak pada kemajuan olahraga kita kedepannya,” pungkasnya.
(bambang nl)

Close Ads X
Close Ads X