SNMPTN Diharapkan Lahirkan Mahasiswa USU Berkualitas | Gubsu Dampingi Putri Diwisuda

dlm HL==Andri__Gubsu Dampingi Putri Wisuda 3
Medan | Jurnal Asia
Rektor USU Prof Syahril Pasaribu mengatakan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) diharapkan akan melahirkan mahasiswa berkualitas. “Dengan model seleksi ini nantinya akan mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas, baik atas dasar nilai rapor, maupun prestasi akademik lainnya termasuk atas perhitungan rekam jejak kinerja sekolah sebagaimana rambu-rambu kriteria dalam seleksi nasional,” kata Syahril di hadapan 1.760 lulusan di Gedung Auditorium USU, Selasa (24/2).

Rektor mengatakan, calon mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) adalah peserta yang mengikuti SNMPTN yang merupakan siswa SMA sederajat duduk di kelas terakhir dengan memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan penerimaan.

“Pada jalur SNMPTN ini USU akan menerima paling sedikit 50 persen mahasiswa baru pada setiap program studi dari jumlah alokasi daya tampung yang tersedia di universitas ini,” kata Syahril.Dijelaskannya, SNMPTN 2015 berlangsung sejak 22 Januari hingga 12 Maret dan telah memasuki tahapan pengisian pangkalan Dadta sekolah dan siswa (PDSS).

Saat ini sedang proses pen­daf­taran pada 13 Pebruari hingga 15 Maret yang hasil seleksi ini dijadwalkan akan diumumkan pada 9 Mei 2015. Menurut Syahril, USU se­bagai institusi dengan visi men­jadi perguruan tinggi yang m­e­miliki keunggulan akademik se­bagai barometer kemajuan il­mu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

“Peran dan tanggung jawab USU menjadi begitu penting. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan proses akademik dalam menghasilkan lulusan, namun juga berkaitan dengan mutu siswa yang akan diterima melalui seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri,” kata Syahril.

Rektor menambahkan, dari 1.760 lulusan yang diwisuda terdiri 252 lulusan program pascasarjana, 17 magister dan pendidikan dokter spesialis, 64 pendidikan spesialis, 34 program dokter jenjang magister, 217 pendidikan profesi, 1.078 sarjana dan 98 diploma.

Gubsu Dampingi Putri
Pelaksanaan wisuda kali ini te­rasa istimewa karena dihadiri Gu­bernur Sumatera Utara H Ga­tot Pujo Nugrogo, ST, MSi dan istri Hj Sutias Handayani yang meng­hadiri wisuda putri pertama me­reka Afifah Radhiyatullah lu­lusan teknik kimia pada fakul­tas teknik.

Afifah yang duduk besama para wisudawan lainnya tampak sumringah. Ia menyelesaikan studi pada 6 November 2014 dengan melahirkan skripsi ber­judul Pengaruh Berat Pati dan Vo­lume Plasticizer Gliserol ter­ha­dap Karakteristik Film Plastik Pa­ti Kentang.

Pada kesempatan itu, tidak ada pidato atau kata sambutan seperti yang hampir setiap hari dilakukan Gatot Pujo Nugroho.Kehadirannya adalah khusus untuk mendamping putrinya menjalani seremoni pemberian gelar Sarjana Teknik.

Gubsu meyakini, bukan saja baginya, mendampingi anak mendapatkan gelar kesarjanaan pasti menjadi kebanggaan bagi setiap orang tua. Terlebih di sebuah perguruan tinggi yang juga menjadi kebanggaan mas­yarakat Sumatera Utara. (andri)

Close Ads X
Close Ads X