Spanyol Jajaki Investasi di Indonesia

Jakarta | Jurnal Asia
Spanyol tengah menjajaki investasi dengan Indonesia, yang diwujudkan dengan pertemuan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Francisco Jose Viqueira dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta.

“Pertemuannya membicarakan soal per­kembangan ekonomi, kemudian nilai per­dagangan kedua negara yang masih sangat kecil. Nah, bagaimana bisa meningkatkannya,” ujar Dirjen Kerja sama Industri Internasional Kemenpern Agus Tjahajana di Jakarta, Jumat.

Agus mengatakan, dalam kesempatan ter­sebut, Menperin menjelaskan soal kawasan industri di Indonesia, terutama Kawasan Industri di Seimangke, Sumatera Utara, yang bergerak di bidang industri agro.

Selain itu, lanjutnya, Spanyol memberikan perhatian tentang Multi Recognition Arragement (MRA) untuk memperlancar peningkatan per­dagangan kedua negara.
“Mereka mengatakan ingin mempelajari sistem standarisasi Indonesia, dan bagaimana mereka bisa, supaya kalau mereka membawa produknya ke sini itu bisa dilakukan diuji. Itu yang disebut MRA. Tapi perlu perjanjian dan payung hukum di antara keduanya,” kata Agus.

Menurutnya, Indonesia dan Spanyol pernah memiliki hubungan perdagangan yang mesra di bidang pesawat udara saat PT Dirgantara Indonesia masih berdiri.
“Sekarang mungkin kedua negara bisa menjalin hubungan perdagangan di bidang lain,” ujar Agus. (ant)

Close Ads X
Close Ads X