Pdt Peter Lim: 7 Acuan Agar Kehidupan Semakin Sukses

Medan | Jurnal Asia
Dalam kehidupan ini, apapun akan bisa diraih jika kita memiliki self confidence (keyakinan diri) yang kokoh dan teguh. Jangan pernah menyerah jika gagal dan juga jangan sampai lupa diri jika berhasil.

Hal tersebut dikatakan Dharmavira Lembaga Komunikasi Umat Buddha Indonesia (LKUBI), Pdt. Peter Lim di hadapan ratusan umat Buddha di bhaktisala Vihara Indonesia Theravada Buddhist Center (ITBC) kompleks Perumahan Cermara Asri, Deli Serdang, Minggu (25/1) pukul 10.30 hingga 12.00 WIB.

Ia melanjutkan, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan agar kehidupan ini semakin hari, semakin sukses dan bahagia. Pertama, miliki keyakinan diri yang kokoh. Dia bisa, kitapun pasti bisa jika mau merealisirnya. Tidak ada yang tidak mungkin diraih jika kita berkeyakinan yang kokoh.

Yang kedua, jaga moralitas. Jangan menghalalkan cara–cara illegal yang bertentangan dengan hukum agama, negara dan adat isitiadat setempat. Miliki acuan hidup yang jelas, yang bermanfaat diperbuat dan yang merugikan hindari sedini mungkin.

“Ketiga, miliki rasa malu berbuat jahat. Sadari bahwa diri kita ‘jauh’ lebih berharga dibandingkan oleh apapun juga. Dan miliki rasa takut akan akibat dari perbuatan jahat. Oleh karena itu, sebelum mengawali suatu perbuatan, renungkan dan filter berkali–kali agar dampaknya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Kelima, miliki kemurahan hati, yang senang dan suka menolong orang “tanpa” pamrih. Keenam, selalulah belajar meningkatkan potensi diri. Jika tidak, kita pasti akan tereliminasi. Dan yang ketujuh, milikilah kebijaksanaan. Apapun yang diperbuat, harus jelas rambu–rambunya. Jika menguntungkan diri sendiri dan orang lain, segeralah diperbuat. Jika tidak, jangan dilakukan.
(netty)

Close Ads X
Close Ads X