Harga Emas Antam Anjlok Rp8.000/Gram

Jakarta | Jurnal Asia
Harga emas, Jumat (30/1), merosot cukup dalam. Di dalam negeri, harga emas Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) anjlok sampai Rp 8.000/gram. Penurunan harga emas Antam tidak lepas dari perkembangan harga emas dunia. Mengutip Reuters, Jumat (30/1), harga emas turun sampai 2,2% menjadi US$ 1.251,86/troy ons. Ini merupakan penurunan terdalam sejak pertengahan bulan ini.

Investor masih memantau perkembangan di Amerika Serikat (AS), terkait rencana kenaikan suku bunga acuan oleh bank sentral The Federal Reserves/The Fed. Pelaku pasar memperkirakan suku bunga akan naik pada pertengahan 2015.

Ini menyebabkan investor cenderung memilih aset-aset dengan mata uang dolar AS. Minat untuk ‘berburu’ emas pun meredup. Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan investor semakin bernafsu mengoleksi instrumen berbasis dolar AS. Saat ini, ekonomi di Negeri Paman Sam terus membaik, yang terlihat dari permintaan tunjangan pengangguran yang turun drastis. Artinya, lapangan kerja di AS semakin banyak. (ant)

Close Ads X
Close Ads X