KEK Sei Mangkei Beroperasi 27 Januari

Medan | Jurnal Asia
Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi memastikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei siap untuk beroperasi pada Selasa (27/1). “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan selaku Ketua Dewan Kawasan Provinsi Sumatera Utara, saya menyatakan KEK Sei Mangkei siap beroperasi pada 27 Januari 2015,” ujar Gubsu saat menerima Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus di Rumah Dinas Gubsu, Jumat (23/1).

Hadir saat itu, Kepala Sub Bagian Pe­ren­canaan Setdenas KEK Ahmad Bukhori, Plt Kabag pengelolaan Informasi Setdenas KEK Bambang Wijanarko, Sekretaris De­wan Nasional Enoh Suharto Pranoto, dan Wakil Ketua Tim Pelaksana Dewan Na­sional KEK Budi Santoso, sementara Ikut mendampingi Gubsu Kepala Badan Pe­rencanaan Pembangunan Daerah Su­ma­tera Utara (Bappedasu) Dr Arsyad Lubis.

Gubsu menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk mengkoordinasikan, menyampaikan dan melaporkan kesiapan operasional KEK Sei Mangkei kepada Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Rencananya, operasional KEK Sei Mangkei akan diresmikan oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Medan 27 Januari 2015 mendatang untuk melakukan ground breaking sejumlah proyek di Sumatera Utara.

“Saat Presiden berkunjung ke Sumatera Utara 27 Januari 2015 nanti, sekaligus kita memohon dan meminta agar Presiden bisa me-launching KEK Sei Mangkei. Karena KEK Sei Mangkei telah siap beroperasi,” terang Gatot.

Senada dengan itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bappedasu) Arsyad Lubis mengatakan, kesiapan KEK Sei Mangkei beroperasi bisa dilihat dari tiga poin utama.
Pertama, sarana infrastruktur di dalam kawasan KEK Sei Mangkei meliputi beberapa hal. Yaitu lahan yang sudah siap seluas 2.001 hektare (ha) yang sudah berstatus Hak Penggunaan Lahan (HPL). Bahkan, lahan yang digunakan PT Unilever sudah mengajukan proses Hak Guna Bangunan (HGB).

Lalu, soal jaringan listrik yang kini telah masuk sebesar 5,4 megawatt (MW), dan berikutnya 10 MW akan diupayakan bisa masuk pada pertengahan Februari 2015 yang dipasok oleh PT Harkat Sejahtera. “Saat ini, PT Harkat tengah memroses pemasangan jaringan untuk mencukupi kebutuhan pasokan listrik di dalam kawasan KEK Sei Mangkei,” papar Arsyad.

Selanjutnya, kata dia, soal kebutuhan air bersih dan drainase yang telah tersedia. Lalu pemadam kebakaran juga sudah tersedia, yang untuk sementara ada kerjasama antara pihak PTPN 3 dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Pemerintah Kabupaten Batubara.“Kedua pemerintah kabupaten tersebut siap bersinergi membantu sementara pengadaan armada pemadam kebakaran di dalam kawasan KEK Sei Mangkei,” tutur Arsyad.

Berikutnya adalah, mengenai per­sam­pahan yang untuk sementara menggunakan tempat pembuangan akhir (TPA) Kabupaten Simalungun yang berada di Kecamatan Bandar seluas 2,5 ha. Itu siap digunakan.
Lalu, soal jalan yang hampir semua se­lesai dikerjakan. Intinya, soal infrastruktur sudah bisa dipastikan bisa digunakan secara optimal. Termasuk didalamnya, soal perkantoran untuk administrator juga sudah tersedia dan sudah ada aktifitas yang berjalan.

Kedua, lanjut Arsyad, pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kepada administrator sudah dilakukan dengan baik. Dan kini, hampir 65 kewenangan perijinan yang ada di administrator. (andri)

Close Ads X
Close Ads X