Barca Belum Aman

Jadwal-Liga-Spanyol-2015-Bigmatch-Prediksi-Barcelona-vs-Atletico-Madrid
Barcelona | Jurnal Asia
Atletico Madrid harus mengakui keunggulan Barcelona 0-1 di leg I perempatfinal Copa del Rey. Meski bukan hasil bagus, tapi Diego Simeone menilai kesempatan untuk timnya masih terbuka di leg II. Atletico sejatinya tampil baik di Camp Nou, Kamis (22/1) dinihari WIB. Meski Barca mendominasi, mereka mampu bertahan dengan rapat dan membuat frustrasi tuan rumah. Faktanya cuma empat tembakan tepat sasaran yang mampu dicatatkan Blaugrana dari 12 percobaan. Jumlah ini terbilang cukup minim mengingat mereka mengendalikan penguasaan bola sebesar 68%.

Namun pada prosesnya gawang Atletico jebol juga saat laga memasuki menit ke-86. Tapi perlu dicatat gol ini tercipta juga bukan lewat permainan terbuka melainkan bola mati. Juanfran melanggar Sergio Busquets di kotak terlarang dan penalti pun diberikan.

Eksekusi Lionel Messi sebenarnya mampu dibaca dan ditepis oleh Jan Oblak. Namun bola pantul berhasil disambarnya lagi dan berbuah gol. Itulah satu-satunya gol yang tercipta.
“Saya pikir pertandingannya terkontrol secara defensif, dengan sejumlah kesempatan untuk melakukan serangan balik dan sedikit peluang gol dari kami, tapi terkontrol. Golnya muncul dan sekarang kami harus menunggu laga leg kedua. Saya membayangkan itu juga tidak akan mudah,” kata Simeone.

Dengan skor tipis, peluang Atletico untuk lolos masih terbuka. Apalagi mereka bakal tampil di kandang sendiri pekan depan. “Saya melihat leg kedua dengan kemungkinan-kemungkinan terbuka, melawan sebuah rival yang bermain baik. Terkait hasil yang kami terima, ini merupakan babak kualifikasi yang terbuka,” ujar pelatih asal Argentina itu.

Kalah satu gol memang belum menutup peluang Atletico lolos ke semifinal. Simeone meyakini itu, namun dia juga sadar kalau pertandingan kedua tidak akan mudah. Meski itu akan digelar di Vicente Calderon.

“Saya maunya menang 4-0, tapi mereka pun ingin menang. Tim ini sudah berkembang dalam beberapa pertandingan terakhir, terutama dalam memberi tekanan di lapangan. Saya melihat ada peluang saat kami berhadapan dengan tim yang bermain dengan sangat baik. Ini masih jadi persaingan yang terbuka,” lanjut Simeone.

Dengan posisi tertinggal 0-1, Atletico butuh menang dengan selisih dua gol untuk bisa meraih tiket ke empat besar. Meski bermain di kandang sendiri, Simeone tak menyangkal kalau laga akan berjalan kembali sengit. “Pertandingan kedua juga tidak akan mudah,” serunya.

Simeone sendiri menolak mengomentari kerja wasit terkait hukuman penalti yang dijatuhkan pada Atletico. “Sejujurnya, kami mencoba untuk tidak membicarakan soal wasit yang berbeda maka hasilnya akan berbeda,” sahut Simeone lagi.

Bagi Barca sendiri kemenangan tipis ini disadari belum membuat posisi aman. Mereka masih harus bekerja keras di leg kedua. Beban menjadi semakin berat karena laga itu akan dimainkan di markas Atletico.

“Saya melihat hasil ini sangat positif. Kami tahu kami harus sangat kompak dan saya tidak mengantisipasi pertandingan berbeda karena Atletico tim yang bertahan dengan sangat baik, sangat agresif, sangat siap dan menyerang Anda melalui bola mati,” ulas manajer Barca, Luis Enrique.

“Tapi dengan sirkulasi bola yang sangat baik dan permainan bertahan yang baik, kami mengunci kemenangan. Mengingat rival dan pelatih mereka dan bagaimana mereka bekerja di beberapa musim terakhir, saya masih melihat ini 50 persen, meski apa pun hasil malam ini tujuan kami adalah pergi ke Calderon dan memenangkan laga meski sekarang hasil imbang cukup bagus.”
Hasil melawan Atletico ini memperpanjang rangkaian kemenangan Barca. The Catalan kini sudah memenangi lima pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Demi menjaga momentum, punggawa Barca, Ivan Rakitic, meminta Barca untuk lebih dulu fokus ke laga melawan Elche di lanjutan La Liga, Minggu (25/1/2015) dinihari WIB, sebelum lawatan ke kandang Atletico di leg kedua.

“Yang penting sekarang adalah pertandingan melawan Elche. Kami ingin meneruskan apa yang sudah kami miliki dalam beberapa pekan terakhir. Kami harus kuat dan siap untuk menghadapi yang akan datang. Segalanya meningkat. Tim sudah ada di jalur yang tepat dalam beberapa pekan terakhir dan sangat positif. Kami harus terus seperti ini,” ujarnya. (dc-goal-ss-bn)

Close Ads X
Close Ads X