Piala Liga Inggris Keuntungan Chelsea

Headline_____Liverpool-v-Chelsea
Liverpool | Jurnal Asia
Meski tampil mendominasi di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris kontra Chelsea, Liverpool gagal meneruskannya jadi kemenangan. Sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama, The Reds akhirnya harus puas dengan skor imbang 1-1. Pada laga yang dihelat di Anfield, Rabu (21/8) dinihari WIB, Liverpool tercatat punya 62 persen penguasaan bola dengan total 19 tembakan dan enam di antaranya mencapai sasaran. Sementara itu The Blues cuma diberi dua kali kesempatan menembak dan hanya satu yang on target. Tapi satu-satunya tembakan tepat sasaran itu berujung gol penalti Eden Hazard di babak pertama.

Tapi cuma itu satu-satunya peluang yang didapat Chelsea di babak pertama dan selebihnya mereka dipaksa bertahan total oleh Liverpool. Gary Cahill, John Terry, dan Thibaut Courtois harus bekerja keras menghalau gelombang serangan Liverpool.

Di babak kedua Liverpool baru bisa menyamakan skor lewat Raheem Sterling di menit 59. Hasil imbang 1-1 bisa dibilang menguntungkan Chelsea mengingat leg kedua akan dihelat di Stamford Bridge pekan depan.

Manajer The Blues, Jose Mourinho, menyebut hasil ini cukup adil merujuk pada performa kedua tim. Tapi tetap saja performa Chelsea di laga ini membuat Mourinho tak bisa menyembunyikan rasa frustrasinya.

“Laga semifinal yang bagus dan hasil yang ada. Liverpool bermain baik tapi kami mampu mengontrol laga. Mungkin jika kualitas umpan kami sedikit lebih baik, kami bisa mencetak gol lebih banyak. Kami tidak cukup efisien dalam proses transisi saat kami mendapatkan bola,” ujar Mourinho.

“Thibaut Courtois beberapa kali melakukan penyelamatan dan peluang Steven Gerrard menghantam tiang, dan aku rasa Simon sama sekali tidak bikin penyelamatan. Kami punya banyak kesempatan, ruang untuk melakukan serangan balik tapi kualitas passing kami tidaklah bagus.”

Mourinho sendiri menampik status favorit pada timnya, mengingat Liverpool bakal ngotot lolos ke final. Hasil imbang 0-0 sudah cukup meloloskan mereka ke final, meski kemenangan tentu bukan hal yang sulit diraih.

Meski demikian Mourinho tak mau timnya terbebani dengan status favorit di leg kedua nanti. Karena dengan hasil saat ini, baik Chelsea maupun Liverpool tentunya bakal berusaha keras untuk bisa mendapatkan tiket final.

“Aku tidak bilang bahwa kami kini adalah favorit. Yang aku ingin bilang sekarang adalah semifinal kini tinggal satu leg lagi. Kami harus menang dan Liverpool pun begitu, tapi laga digelar di Stamford Bridge,” ujar Mourinho lagi. “Beberapa orang menganggap Piala Liga Inggris bukan prioritas utama, tapi bagi klub besar seperti kami dan Liverpool sangat merespek kompetisi seperti ini, dan itu bagus untuk sepakbola Inggris.”

Di kubu Liverpool, manajer Brendan Rodgers sangat puas dengan performa pasukannya, meski ia sangat kecewa dengan hasil yang diraih. “Saya puas dengan performa tim, tapi kecewa dengan hasilnya. Kami sepantasnya menjadi pemenang di laga itu. Kami menunjukkan karakter yang luar biasa. Beberapa kali permainan kami sangat impresif dan ini sempurna untuk leg kedua, karena Chelsea mungkin akan bermain sedikit lebih terbuka,” ujar Rodgers.

Hasil imbang ini membuat Liverpool memperpanjang catatan tak terkalahkan mereka di sembilan laga terakhir di seluruh kompetisi. “Laga yang sangat bagus dan itu memperlihatkan kemajuan yang kami buat,” tandasnya.

Dengan kian membaiknya performa Liverpool dari pekan ke pekan, Rodgers mengaku cukup percaya diri untuk bertandang ke Stamford Bridge pada leg kedua nanti. Rodgers cukup optimistis dengan laga tersebut pekan depan.

Meski catatan bertanding Chelsea begitu impresif musim ini di markas sendiri, namun hal itu tak bikin Rodgers dan pasukannya ciut nyali duluan. The Anfield Gank juga memiliki modal baik karena dari 14 pertandingan terakhir mereka cuma kalah sekali. Bahkan di sembilan pertandingan terakhir di seluruh kompetisi tak satupun kekalahan didapat Liverpool.

Performa yang kian menanjak ini memuaskan Rodgers, yang kini bisa tersenyum usai derasnya kritik yang menghujam usai start buruk di awal musim.“Anda bisa lihat sendiri bahwa tim ini kembali tampil agresif. Yang kurang cuma satu yakni harusnya kami bisa cetak lebih dari satu gol. Anda tentu berpikir bahwa Chelsea akan bermain sedikit lebih terbuka di leg kedua dan itu akan membantu kami karena kecepatan serta kemampuan berinovasi dalam tim kami,” tutur Rodgers.

“Mereka punya rekor bagus di kandang tapi kami juga tidak kebobolan di tiga laga tandang terakhir kami. Kami tahu ini akan jadi laga yang sulit. Malam ini rasanya seperti laga yang sangat penting dan performa kami malam ini sangat bagus.”
(dc-ss-goal)

Close Ads X
Close Ads X