Langkat Penyumbang Energi Listrik di Sumut

Langkat-3
Langkat | Jurnal Asia
Wakil Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi bangga de­ngan potensi yang dimiliki Kabupaten Langkat yang merupakan penyumbang pasokan listrik di daerah ini. “Langkat merupakan penyumbang pa­sokan listrik melalui hadirnya PLTU Pangkalan Susu berkapasitas 220 MW,” kata Erry Nurani dalam sambutannya pada sidang paripurna di gedung DPRD Lang­kat, Sabtu (17/1) sekaligus peringatan Hari Jadi Langkat ke-265.

Menurut Erry, sampai saat ini sudah memasuki tahap akhir penyelesaian, diharapkan dapat membantu per­ma­sa­laham krisis listrik khususnya di daerah Sumatera Utara. Wagubsu mengatakan, dibawah ke­pemimpinan Bupati H Ngogesa suasana Lang­kat yang selama ini terus kondusif ha­rus terus terjaga begitu pula halnya de­ngan berbagai prestasi yang telah dica­pai untuk terus dipertahankan, bah­kan ditingkatkan.“Semoga HUT Kabupaten Langkat ke-265 dapat menjadi momentum bagi kita untuk meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah guna mewujudkan kesejahteraan dan pelayanan yang prima kepada mas­ya­ra­kat,” ujar Erry.

Sementara Bupati Langkat H Ngogesa Site­pu SH mengatakan, kebersamaan yang telah terjalin selama ini untuk dija­­dikan sebagai spirit untuk tetap me­ne­­guhkan persatuan, merekatkan per­sau­­daraan, menggalang solidaritas dan ke­­pedulian, terlebih buat saudara-saudara kita yang baru-baru ini tempat tinggalnya tergenang banjir.

“Mari kita bangun rasa empati pada moment HUT Langkat tahun ini dengan me­rasakan kesulitan yang mereka alami, se­bab mereka adalah saudara kita, dan su­dah kewajiban bagi kita memberi ban­tuan sesuai kemampuan fungsi dan ke­wenangan yang ada,” ungkap H Ngo­ge­sa.

Lebih lanjut Datuk Setia Negeri ter­sebut juga menyampaikan, peringatan kali ini adalah salah satu komitmen kita ber­sama, menghormati para penegak dan pendahulu, baik itu pendiri cikal ba­kal kesultanan Langkat, Almarhum Raja Kahar, maupun kepada semua yang telah mem­berikan pengabdian dan jasa-jasanya bagi kebesaran bumi Langkat. Utamanya lagi, meningkatkan kinerja di seluruh bidang tanpa harus takut dikritik untuk kebaikan.

”Bentuk komitmen tersebut harus kita wujudkan, dengan terus bekerja keras, melalui peran dan profesi masing-masing agar senantiasa menjaga marwah Daerah dengan meningkatkan tanggung jawab,” ujar Bupati Langkat.

Ketua DPRD Kabupaten Langkat, Terbit Rencana PA, mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh pihak yang selama ini yang telah berbuat dan berpartisipasi serta berperan aktif bagi kemajuan dan pembangunan Kabupaten Langkat, sekaligus menjadikan peringatan hari jadi ini untuk meningkatkan kepedulian bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Langkat.

Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin selaku pengarah panitia membacakan lintas sejarah Hari Jadi Langkat yang didirikan oleh keturunan leluhur Dinasti Dewa Syahdan hingga berlanjut ke Raja Kahar yang membuka perkampungan di Kota Dalam antara Stabat dan Hinai. Tradisi masyarakat yang membangun perkampungan pada 12 Rabiul Awal dan itu bertepatan tanggal 17 Januari 1750.

Dalam sambutannya dr Indra Sala­huddin MKes MM melaporkan ber­bagai kegiatan yang dilangsungkan pada rangkaian hari jadi tahun ini serta menginformasikan sejumlah prestasi dan orang-orang yang telah berjasa mengangkat nama Langkat baik di tingkat nasional maupun lokal.

Pada kegiatan tersebut juga dilak­sa­nakan pemberian cinderamata oleh Wa­gubsu H T Erry Nuradi, Bupati Langkat H Ngo­gesa dan Ketua DPRD Terbit Ren­cana PA beserta pejabat yang hadir ke­pada man­tan bupati dan wakil bupati, sekda dan keluarga para pejuang serta tokoh-tokoh lainnya.
(arfan lubis)

Close Ads X
Close Ads X