Piala FA | Southampton Akhirnya Lolos ke Babak Empat

HL DUA____1390449-29805521-2560-1440
Ipswich | Jurnal Asia
Southampton memastikan diri lolos ke babak keempat Piala FA usai mengalahkan Ipswich 1-0. Gol tunggal The Saints pada laga tersebut diciptakan oleh Shane Long di babak pertama.Laga yang berlangsung di Portman Road, Kamis (15/1) dinihari WIB, ini merupakan laga ulangan. Sebelumnya, pada pertemuan di St Mary’s, 4 Januari lalu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Pada laga ulangan ini, Southampton tampil agresif. Kendati demikian, 11 attempts yang mereka ciptakan sepanjang laga, hanya 2 di antaranya yang tepat sasaran. Sementara, Ipswich sendiri punya 6 attempts dan hanya 1 di antaranya tepat sasaran.

Ipswich yang tampil sedikit dominan dalam penguasaan bola (53:47), sempat mendapatkan peluang ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Namun, tendangan gelandang mereka, Darren Ambrose, masih melambung di atas gawang.

Soton juga sempat mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol lewat Victor Wanyama di awal-awal babak pertama. Tetapi, tendangan Wanyama juga masih melambung di atas mistar. Soton akhirnya menciptakan gol ketika pertandingan memasuki menit ke-19. Long, yang kali ini dimainkan sebagai starter, menjadi pendulang golnya.

Gol bermula dari serangan yang dibangun dari sisi kanan oleh Nathaniel Clyne. Bola kemudian diberikan kepada Long yang lantas meneruskannya kepada James Ward-Prowse yang berlari menusuk dari tengah.

Ward-Prowse sempat berusaha melepaskan tendangan, namun bola keburu dihalau oleh bek Ipswich, Luke Chambers. Namun, bola malah jatuh di kaki Long yang berada di dalam kotak penalti dan dia pun langsung menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri.

Laga berjalan datar setelahnya. Beberapa sepakan yang dilepaskan oleh Ward-Prowse dan Wanyama di babak pertama tidak ada yang menemui sasaran. Masuknya Graziano Pelle di pertengahan babak kedua menggantikan Dusan Tadic, juga tidak membuat banyak perubahan. Pelle hanya berhasil membuat satu attempts, itu pun tak tepat sasaran.

Pada akhirnya, skor 1-0 bertahan sampai laga usai dan Soton pun lolos ke babak selanjutnya, di mana mereka akan menghadapi Crystal Palace. “Sungguh sulit bermain di sini. Kami berhasil menorehkan clean sheet lagi dan itulah yang terpenting. Kami bersiap dengan baik untuk pertandingan ini dan kami menunjukkannya,” ujar manajer Southampton, Ronald Koeman, usai pertandingan.

Catatan clean sheet Southampton di Premier League terbilang bagus, yakni 11 kali clean sheet dalam 21 laga. Mereka juga jadi tim yang paling sedikit kebobolan dalam 21 laga, yakni 15 kali kebobolan. (dc)

Close Ads X
Close Ads X