“Simbolon Peduli” Silaturrahmi dengan Warga | Effendi Janji Sejahterakan Nelayan

Medan | Jurnal Asia
Anggota DPR RI yang juga Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI), Effendi Simbolon berjanji akan membawa sejumlah persoalan yang dialami warga yang tinggal di kawasan Kampung Nelayan ke pemerintah pusat, agar masyarakat di lingkungan itu bisa menjalani kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

“Saya janji akan menyampaikannya ke pemerintah pusat, sepulang dari sini nanti. Apalagi pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla saat ini fokus mengarahkan pembangunan di lingkungan kelautan,” kata Effendi Simbolon didampingi sejumlah pengurus, diantaranya Muslim Simbolon, Leo Simbolon pada kegiatan pemberian bantuan bertajuk ‘Simbolon Peduli’ dalam rangka Rakernas IV tahun 2014, organisasi marga Simbolon itu, di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Marelan, Rabu (17/12).

Warga yang hadir tidak hanya berasal dari lokasi tersebut, namun juga berasal dari empat desa lainnya di Kecamatan itu, yakni, Desa Sicanang, Sei Mati, Bagan dan Kurnia.
Selain memberikan bantuan alakadar­nya kepada masyarakat, kegiatan itu juga dimanfaatkan oleh Effendi Simbolon dan sejumlah pengurus organisasi untuk menampung aspirasi dan keluhan warga yang umumnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Pada umumnya keluhan yang dialami kalangan masyarakat di Kecamatan itu hampir bersamaan, seperti persoalan banjir apabila air pasang datang, mereka juga minta bantuan perahu dan alat tangkap ikan.

Keluhan lainnya yakni persoalan limbah industri beberapa perusahaan yang beroperasi di Kawasan Industri Medan (KIM) yang sangat mengganggu bagi kesehatan. Selain itu terungkap, sebagian besar masyarakat belum menerima subsidi apapun dari pemerintah, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar(KIP), maupun Bantuan Langsung Sejahtera Mandiri (BLSM), meski program tersebut sedang gencar-gencarnya disosialisasikan.

“Harapan kami agar dibantulah Pak biaya sekolah agar anak-anak kami bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi,” kata Suriatun, ibu rumah tangga.
Warga juga mengeluhkan tingginya harga-harga bahan pokok terkait ke­bijakan kenaikan BBM yang ditetapkan pemerintah baru-baru ini. “Semua harga-harga naik. Tolonglah perhatikan kami Pak,” sebut Boru Tinambunan.

Pengurus PSBI Sumut Muslim Simbolon kepada wartawan mengatakan sejumlah kegiatan sosial ini merupakan rangkaian pra Rakernas yang sekaligus dimanfaatkan untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat.

Selain, memberikan bantuan masing-masing sekarung beras dan uang kepada warga, PSBI juga menggelar pengobatan dan operasi gratis bagi penderita katarak.
“Mengenai keluhan warga, segera didata termasuk dalam hal permintaah bantuan alat kelengkapan bagi nelayan,” ujarnya.

Hadir juga pada kegiatan itu Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Idonenia (HNSI) Sumut, Syah Afandin, serta anggota DPRD Medan dari PDI-P Edward Hutabarat.
(isvan)

Close Ads X
Close Ads X