Tak Penuhi Target Pajak | Walikota ‘Tekan Bawahan’ Kejar PBB

PBB
Medan | Jurnal Asia
Untuk memenuhi target penerimaan pajak dari sektor Pajak Bumi dan Ba­ngunan (PBB), wali Kota Medan, Drs HT.Dzulmi Eldin meminta kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pemungutan. Apalagi dari total target pendapatan PBB sebesar Rp365 miliar tahun ini, yang teralisasi baru mencapai 80 persen per-12 Desember 2014.

“Hasil capaian penerimaan PBB saat ini tentunya belum memuaskan seperti yang kita harapkan. Saya minta ini menjadi perhatian kita bersama di tahun-tahun mendatang. Semua kendala-kendala yang menjadi penyebab target PBB tidak terwujud harus bisa diatasi,” kata Eldin ketika menghadiri rapat evaluasi terkait intensifikasi penerimaan PBB 2014 di Gedung Dharma Wanita Jalan Sei Rotan Medan, Rabu (17/12).

Dalam rapat tersebut, Wali Kota mengingatkan camat dan lurah yang hadir agar mempersiapkan diri, apalagi tahun 2015 sudah di depan mata dan tugas ke depannya makin berat.
“Disinilah perlunya kemampuan leader­ship saudara. Kepemimpinan sau­da­ra diharapkan mampu meningkatkan par­tisipatif masyarakat dalam membayar pajak, sehingga tahun depan diharapkan tingkat penerimaan pajak dari sektor PBB akan lebih baik lagi demi mendukung terjaminnya pelaksanaan pembangunan, khususnya di Kota Medan yang kita cintai ini,”ungkapnya.

Guna meningkatkan partisipatif mas­ya­rakat membayar PBB, Wali Kota ju­ga me­minta camat, lurah dan Kep­ling me­lakukan pendekatan kepada mas­yara­kat. Pendekatan bisa dilakukan de­ngan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama terkait pengurusan administrasi kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran maupun surat-surat lainnya.

Artinya, baik camat, lurah dan kepala ling­kungan (Kepling) jangan pernah se­kalipun mempersulit warga pada saat pengurusan masalah administrasi ke­pen­dudukan. “Apabila saya dengar ada camat, lurah maupun Kepling memungut imbalan dari warga yang mengurus administrasi kepen­dudukan, saya akan mengambil tindakan tegas. Saya tidak main-main,” tegasnya.

Atas dasar itu, lanjut egas Wali kota lagi, berhasil atau tidaknya camat dalam memenuhi target PBB dari warganya akan menjadi catatan baginya untuk melakukan eva­luasi kinerja.
“Jangan hanya mau jabatan saja tetapi tidak mampu melaksanakan jabatan yang diberikan itu dengan baik. Jadi manfaatkan sisa waktu yang ada untuk memaksimalkan pengutipan PBB tersebut,” ujarnya.

sementara itu, pada rapat tersebut ter­ungkap, Camat Medan Belawan berhasil memperoleh persentase penerimaan PBB terbaik sebesar 87 persen, sedangkan untuk tingkat kelurahan ditempati Ke­lurahan Laucih dan Kelurahan Mabar de­ngan tingkat pencapaian mencapai 100 per­sen. (mag-01)

Close Ads X
Close Ads X