Tri Amal Group Vihara Maitri | Pengabdian bagi Buddha Dharma dan Masyarakat

1

2

4

5

6

7

8

9

12
Berawal dari semakin meningkatnya rutinitas yang harus dilalui pimpinan Vihara Maitri Bhiksuni Man Sheng, gagasan untuk mendirikan Tri Amal Group (TAG), pun tercetus sejak satu dasawarsa atau sepuluh tahun yang lalu. TAG mendedikasikan eksistensinya untuk mempererat rasa persaudaraan tidak hanya antar umat di Yayasan Vihara Maitri Medan, akan tetapi juga dengan segenap komponen masyarakat tanpa memandang suku maupun agama. Tekad hingga kini masih menjadi komitmen segenap jajaran pengurusnya.
“Mari menaruh kepedulian pada saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan bantuan. Jangan pernah perhitungan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah. Bantulah tanpa memandang suku dan agama. Kita berkewajiban melestarikan cinta kasih universal. Semakin gemar berbuat kebajikan dan menjauhkan diri dari sifat kikir, semakin memungkinkan rezeki menjadi bertambah,” begitulah Bhikkuni Man Sheng selaku sang pembimbing yang juga pimpinan Vihara Maitri Medan selalu mengingatkan.
Perhatian TAG juga tercurah bagi masyarakat yang tengah menghadapi ujian maupun cobaan. Berkali-kali TAG juga mengadakan bakti sosial mendistribusikan bantuan bagi masyarakat korban erupsi Sinabung.
Dengan menerapkan konsep Tri Amal. T=tulus membantu orang, R=rela berkorban, dan I=ikhlas dalam memberi. Jelang hari-hari besar keagamaan yang dirayakan umat yang berbeda keyakinan, TAG senantiasa tanggap untuk mendistribusikan bantuan terutama bagi keluarga kurang mampu.
Keanggotaan TAG
Seiring perkembangan umat Buddha yang pesat, sehingga kapasitas Vihara Maitri sudah tidak memungkinkan lagi menampung animo masyarakat yang datang beribadah. Pada 2007 lalu, Vihara Maitri dengan menggandeng TAG merenovasi gedungnya. Sampai sekarang renovasi tersebut terus berlangsung.
“Pada 2014 ini, TAG juga masih memfokuskan diri pada dua proyek
renovasi yang belum selesai, yakni Rupang Empat Raja Langit dan pemasangan Genteng Loka Ratana Stupa.” jelas Ketua Umum Tri Amal Group (TAG) Erwin Syahputra. Saat ini, dijelaskan Ketua Umum TAG masa bakti 2014-2016 ini, tercatat lebih dari 1.000 anggota yang tergabung dalam keanggotaan TAG. Tidak saja berasal dari Medan, melainkan dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah.
“Dengan hanya membayar 20.000/bulan/orang, umat Buddha sudah bisa menjadi anggota TAG. Setiap anggota akan memperoleh fasilitas pelayanan doa pemberkahan saat acara sukacita, dan doa pelimpahan jasa pada saat dukacita bila diperlukan,”urai Sekretaris Umum Haryati Djuliati SE.
Sejak didirikan, TAG sudah lima kali melalui proses pergantian kepemimpinan. Sejumlah nama yang pernah tercatat menjabat Ketua Umum TAG, yakni: Solihin Chandra yang saat ini selaku Ketua Pandita Vihara Maitri, Katharina Rusli dewan pembina, Nurni Angsana Ketua kehormatan. Adapun pembimbing yakni: Bhiksuni Man Seng, Bhiksuni Chueh Lien, serta seluruh upasika Yayasan Vihara Maitri Medan.
Kebaktian besama Kong Siu Hui dilaksanakan setiap Rabu pukul 19.30-21.30 WIB. Ada juga kebaktian Da Bei Chan setiap che it mulai pukul 19.30 WIB-21.30 WIB.
Kebaktian Maha Mayura Sutra juga merupakan rangkaian yang kerap digelar TAG setiap cap go pukul 19.00 WIB-21.30 WIB.
TAG juga membuka Yoga dan meditation class setiap Selasa pukul 19.00 WIB-22,30 WIB dengan pembimbing Ms.Mariana. TAG juga menggelar meditation class dengan pembimbing Bhante Jinadhammo Mahathera. Dharma Class juga digelar setiap Kamis pukul 19.30 WIB-21.30 WIB.
“Harapan kami ke depan, semoga Tri Amal Group mampu meningkatkan pengabdian kepada Buddha Dharma dan masyarakat,”ujar Erwin Syahputra.
(r.rambe)

Close Ads X
Close Ads X