Sahabat Veteran Gerakan Moral Anak Bangsa

Bta9tj1CUAAonzz.jpg large EOS-60D_23662-feature-2 HL==veteran kunjungan_ke_veteran_sakit_2_20130507_1210215454 LVRI1 slide-charity-7 veteran veteran-1-800x533
Hari Veteran Nasional yang jatuh besok, Minggu (10/8). Peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk terimakasih kepada para veteran yang turut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Sebuah komunitas membentuk wadah dengan nama Sahabat Veteran (SaVe) peduli Veteran Indonesia khususnya Veteran pra sejahtera. Untuk memeringati hari Veteran itu, berbagai kegiatan sosial dilakukan komunitas ini, seperti mengunjungi veteran yang sakit, memberikan bantuan dan bentuk sosial lainnya sebagai gerakan moral anak bangsa.
Wadah yang dibentuk sangat spontan ini berawal dari sebuah tulisan tentang Veteran berjudul “Liter of Tears for the Forgotten Heroes”  disertai foto seorang Veteran yang sedang duduk di tepi jalan  sambil memakan nasi bungkus.
Foto yang menyentuh dan menggugah perasaan iba itu kemudian disebar luaskan salah satu pendiri Sahabat Veteran melaluiblackberry messenger, sehingga membangkitkan simpati dan minat banyak pihak untuk membantu Veteran. Secara spontan banyak sekali yang bertanya apa yang dapat dilakukan dan bagaimana dapat membantu Veteran.
Dari sinilah kemudian berawal inisiatif untuk membentuk Sahabat Veteran sekitar Juli 2010. Sahabat Veteran yang pada awalnya hanya merupakan suatu wadah gerakan moral masyarakat kemudian secara resmi menjadi Yayasan Sahabat Veteran Indonesia pada Hari Pahlawan 10 November 2010.
Sahabat Veteran didirikan dengan berbagai macam latar belakang profesi dan secara kebetulan tidak ada pula yang putera-puteri Veteran.
Sahabat Veteran adalah organisasi nirlaba independen yang tidak terafiliasi dengan pihak manapun. Komunitas ini tidak memandang suku, ras, agama, gender, umur, angkatan, golongan, kelompok, pangkat, jabatan, dan lain-lainnya.
Sahabat Veteran diharapkan menjadi sebuah wadah yang terbuka bagi semua kalangan untuk bisa berpartisipasi dalam segala bentuk proses pensejahteraan para Veteran.
Siapapun dapat bergabung dalam Sahabat Veteran yang memang dibuat seterbuka mungkin di mana semua anak bangsa dapat membantu/mengapresiasi Veteran/janda Veteran terutama yang prasejahtera dengan segala bentuk kemampuan dan keinginannya.
Segala bentuk bantuan dan apresiasi kepada Veteran akan difasilitasi oleh Sahabat Veteran. Sahabat Veteran siap bekerjasama dengan siapapun sepanjang mempunyai maksud dan tujuan yang sama, termasuk juga bekerjasama dengan dunia usaha dalam rangka Tanggung Jawab Sosial(Corporate Social Responsibility). Dalam perjalanannya Sahabat Veteran juga banyak berkerjasama dengan banyak organisasi/kelompok sosial di berbagai kota.
Saat ini sudah ribuan sahabat baik perorangan, organisasi sosial, organisasi keagamaan, sekolah, universitasmaupun perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri bergabung dengan Sahabat Veteran dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan-kegiatan Sahabat Veteran maupun melalui mailing list, Tweeter dan Facebook. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan mulai dari pemberian tali kasih dan bingkisan, acara hiburan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, pemberian kacamata gratis, operasi katarak gratis, bersih-bersih ke rumah Veteran, renovasi rumah Veteran, pembersihan Makam Pahlawan, pameran foto, seminar, konser musik, kunjungan ke sekolah & kunjungan ke kampus bersama Veteran, penanaman pohon, menebar benih ikan dan lain-lain.
Selain fokus kepada kegiatan pensejaheraan Veteran, Sahabat Veteran juga melakukan kegiatan-kegiatan bagi masyarakat khususnya generasi muda dalam hal pendidikan atau peningkatan semangat perjuangan, bela negara, nasionalisme dan kebangsaan terutama yang terkait dengan Veteran.
Melalui kegiatan “Veteran dan Sahabat Veteran Masuk ke Sekolah” yang diawali di Palembang Sumatera Selatan sejak 2012 lalu, Sahabat Veteran telah menyambangi lebih ribuan siswa dari puluhan SLTA baik negeri maupun Swasta.
Malahan sejak September 2012 juga telah dilakukan kegiatan “Veteran dan Sahabat Veteran Masuk ke Kampus” yang juga diawali di Palembang.
Bahkan pada 2012 itu bagi Sahabat Veteran dapat dikatakan merupakan tahun generasi muda, di mana banyak generasi muda Indonesia tertarik, datang dan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan Sahabat Veteran.
Dalam melakukan semua kegiatan Sahabat Veteran selalu bertindak profesional dengan memperhatikan semua aturan yang berlaku serta memperhatikan saran dan masukan dari para pakar dalam bidangnya.
Semua kegiatan Sahabat Veteran juga diaudit secara berkala oleh kantor akuntan publik internasional yang terdaftar.
Sahabat Veteran akan berusaha menjadi counterpart yang baik bagi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), induk organisasi resmi  Veteran Indonesia.
Sahabat Veteran akan terus bekerjasama dan saling memberi masukan dengan LVRI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Veteran Indonesia serta terus menyebar luaskan isu seputar Veteran dan meningkatkan kesadaran masyarakat atas Veteran.
Di Indonesia tercatat ada 863.432 Veteran Pejuang dan 46.859 Veteran Pembela, jumlah seluruhnya 910.109 Veteran tapi pada saat ini yang masih hidup diperkirakan sekitar 120.000 Veteran.
Jumlahnya tidak banyak untuk ukuran bangsa sebesar bangsa Indonesia. Apalagi jumlahnya semakin lama semakin sedikit karena mereka sekarang berusia rata-rata hampir 70 tahun sampai mendekati 100 tahun.
Tidak harus menunggu sampai mereka semua tiada untuk dapat berterima kasih kepada mereka, orang tua kita yang telah berjuang dan mempertahankan negara ini. Sekecil apapun sesungguhnya kita semua juga bisa melakukan sesuatu untuk Veteran.
(int)

Close Ads X
Close Ads X